Total Tayangan Halaman

Kamis, 05 Januari 2012

BIA GeTeeM

Bia lagi jalan-jalan ke kampus


Beberapa hari kemaren Bia GeTeeM (Gerakan Tutup Mulut), seporsi bubur yang biasanya langsung ludess dihabiskan dalam beberapa menit, kali ini udah hampir sejam juga yang dimakan belum ada sepertiganya..
Mbah utinya juga ikut bingung, apa yang salah sama anak ini. Apa mungkin gara-gara mau tumbuh gigi, apa radang, apa kenapa. Hampir dua hari Bia susah banget makan. Udah dicobain pake finger food, kentang kukus, tetep aja gak mau. Udah hampir putus aja rasanya. Sampai suatu hari, ketika Bia lagi disuapin di halaman, di sana anak tetangga kami, kaka (4 bulan lebih tua dibanding Bia) sedang disuapin juga, menunya nasi tim kuah jagung wortel. Iseng Bia coba disuapin pake menunya Kaka, dan ternyata jeng jeng jeeeeeeeeeeeennnnggggggg, Bia mauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu.

Sore harinya, ketika pulang kantor, Bunda (ibu mertua) cerita kejadian itu, beliau langsung keukeuh minta Bia dibikinin nasi tim aja. Semula saya sempat ragu, Bia baru 8 bulan, giginya juga baru satu, itu juga belum numbuh sempurna, masak harus dikasih nasi tim. Akhirnya saya tetep buatin nasi tim juga Tim Beras Merah kuah jagung, wortel, brokoli (resep menyusul, lupa gak difoto soalnya, hehehe). Alhamdulillah hari berikutnya Bia mau maem lagi, HORAAAAAAAAAAA eh HOREEEEEEEEEE


Setelah saya cari-cari penyebab tentang GTM di grup Homemade Healthy Baby Food, ternyata memang ada salah satu penyebab GTM, yaitu "Bosan Dengan Tekstur Halus", hehehehe
berikut saya Kopikan ringkasan tentang GTM dari grup tersebut



Mengapa GTM (harus) Terjadi?

Biasanya terjadi di rentang umur 8 bulan - 10 Bulan. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan GTM alias Gerakan Tutup Mulut di saat ber MPASI Rumahan. Kalo rada nggak scientific ya maap dehhh... kesimpulan ini dirangkum dari pengalaman pribadi dan sharing teman-teman di forum dan Milis MPASIRumahan :

1. Masa tumbuh gigi
Jadi, kalau bayi kita menolak makanannya coba cek gusinya. Apakah ada yang kemerahan? bila YA, maka cobalah membuat makanan yang lebih encer. Berikan makanan 'penyaman' seperti buah dingin yang bisa digigit-gigit, momsicle alias es loli dari ASI (berhasil untuk anak sayah), berikan jus/puree buah manis dan dingin, dan kalau sangat mengganggu sehingga membuat bayi panas... cobalah ditreatment dengan parasetamol. Parasetamol selain menurunkan panas juga mengurangi rasa sakit akibat tumbuh gigi
2. Bosan dengan tekstur halus
Mungkin bayi  bosan dengan tekstur makanannya yang terlalu 'bayi', dan nggak perlu terlalu khawatir dengan masalah peningkatan tekstur ini. Ada anak 8 bulan 2 minggu udah nggak mau makan tim saring, maunya nasi tim beneran dan di 9 bulan menuju 10 dia sudah makan nasi lembek.Selama tidak ada masalah pencernaan seperti diare, sembelit dan berat badan tetap bertambah, berikan tekstur yang disukai bayi. Kadang memang bayi perlu tantangan dalam acara makan-makannya (^_^)
3. Perbedaan kenaikan tekstur makanan yang drastis
Ini kebalikan dengan yang atas, kalau yang ini biasanya ibunya yang nafsu pengen mengenalkan tekstur baru pada bayi padahal si bayi masih ingin menikmati tekstur lama makanannya yang lebih lembut dan lebih cair. Misalnya : Bayi 8 bulan dan masih menikmati makanan tim saring 2x-nya, tiba-tiba diberi nasi tim utuh. Ini bisa 'mengundang' GTM, Bu. Perubahan tekstur makanan selain harus mengecek 'pertanda' dari bayi, juga harus dilakukan bertahap.
4. Sempat 'tercolek' makanan /minuman lain yang ditambah gula-garam
Karena sudah pernah merasakan makanan yang lebih 'berasa' bayi kadang jadi malas makan makanan yang hambar. 
5. Bosan dengan suasana makan
Ya, namanya juga manusia walopun masih kecil. Pasti ada kalanya bosan dengan acara dan suasana pada saat makan. Entah bosan dengan ritual, dengan lokasi dll. cara mengatasinya coba ciptakan 'suasana makan baru yang menyenangkan' untuk anak.
6. Trauma makan/sendok
Menurut saya, kadar GTM seperti ini lumayan berattt. Biasanya terjadi karena beberapa faktor:- karena dipaksa minum obat- karena dipaksa disuapi makananAnak yang dipaksa minum obat dengan sendok, sampai dicekoki segala macam bisa membuatnya trauma melihat sendok dan nggak mau buka mulut walaupun isinya bukan obat. Lalu yang kedua, dipaksa makan. Maksudnya, si anak sedang nggak mood makan/udah kenyang lalu dipaksa makan dengan cara menjejakan sendok secara paksa ke mulut kecilnya. Atau, belom selesai mengunyah dipaksa mangap atau sendok udah standby di depan mulutnya.
7. Sakit/tidak enak badan
Saat bayi sakit, ternyata memang perlu diberikan makanan yang lebih cair. Kalaupun ia ingin menyusu saya ya berikanlah. Beri perawatan yang tepat dan menyamankan, termasuk makanan yang menyamankan (Karmel:1999). Sup ayam cair hangat untuk anak pilek, atau es loli dari puree buah untuk anak tumbuh gigi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar