Total Tayangan Halaman

Kamis, 05 Januari 2012

CARA MEMBLANSIR DAGING GILING

Gak terasa 22 Desember ini Bia udah 8 bulan, dan MPASInya pun harusnya udah naik kelas jadi bubur saring, bukan bubur lembut lagi. Oiya, buat yang masih bingung apa itu bubur saring dan bubur lembut, berikut penjelasannya (kopas dari grup Healthy Homemade Baby Food)

Bubur lembut untuk 7 bln, diblender selembut mungkin karena bayi belum terampil makan, bayi baru bisa menelan, bahan makanannya pun masih terbatas sumber karbohidrat dan sayuran, tanpa kaldu hewani. Jadi, bubur lembut itu campuran dari sumber karbohidrat dan sayuran, dan tanpa kaldu atau bahan hewani.

Bubur saring untuk 8 bln + diblender agak kasar sampai kasar (atau disaring juga boleh) sehingga bertekstur untuk merangsang bayi belajar mengunyah, bahan makananannya sudah bisa ditambahkan  protein hewani, keju, butter, yoghurt.

Itu berarti Bia udah boleh makan protein hewani. Buat pertama kali pengen nyobain daging sapi giling aja yang praktis, hehehehe. Sebenernya agak bingung juga gimana cara mengolah daging giling, maklum emak emak yang jarang (GAK BISA) masak, hehehehe. Trus gak salah dulu pernah baca tentang cara memblansir daging sebelum disimpan, yang dinilai lebih bagus daripada sekedar dicuci. Katanya sih, kalo dicuci bikin zat gizi ikut terlarut, makanya mendingan diblansir. 

Adapun cara memblansir versi saya,
1. panaskan air dalam panci hingga mendidih,
2. jika sudah mendidih, matikan api
3. masukkan daging giling sedikit demi sedikit agar tidak menggumpal
4. aduk-aduk kurang lebih 1-2 menit, kemudian tiriskan
5. setelah itu daging siap diolah atau disimpan.

oiya, sekadar saran, lebih baik daging disimpan dalam porsi porsi kecil, selain memudahkan pengolahan (kalau butuh dikit cukup segitu aja yang dicairin, gak perlu nyairin semua dan bekuin lagi) hehehehe

1 komentar: